Sunday, 17 April 2016

SOURCE CODE MENGHITUNG LUAS atau KELILING PERSEGI dan PERSEGI PANJANG DI JAVA NEBEAN

MEMBUAT APLIKASI MENGHITUNG LUAS PERSEGI


SOURCE CODE MENGHITUNG LUAS atau KELILING PERSEGI dan PERSEGI PANJANG DI JAVA NEBEAN
        Belajar source kode di java netbean sebenarnya sangat mudah karena juga menggukan rumus sehari hari seperti +(tambah) -(kurang) *(kali) dan  lain lain langsung

        Untuk membuat membuat tampilan utamanya di MEMBUAT APLIKASI MENGHITUNG PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG ini buton yang di butuhkan srruuuppp...



1. MEMBUAT VARIABLE INT 
       Varible int digunkan untuk mengconverd code menjadi input untuk memanggil angka yang di inputkan dan string untuk huruf nihh kodeny

int a , b , c, d;
String space = " ";


2. SOURCE KODE 
        Klik dua kali pada btnHitung atau seperti ini lalu

akan muncul tempat kosong untuk menulis perintah untuk menghitung di nnetbeans ketikkan kode berikut :


 kalau tidak ingin capek ngetik nihh.... 

 if("HITUNG LUAS PERSEGI PANJANG".equals(this.btnHitung.getText())){ //MENCARI LUAS
        a = Integer.parseInt(txtA.getText());                          //PERSEGI PANJANG
        b = Integer.parseInt(txtB.getText());
        c = a + b ;
        txtHasil.setText("LUAS PERSEGI PANJANG =" + c  );
        btnPanjang.setText( space + a);
        btnLebar.setText(space + b);
        }
        else if("HITUNG KELILING PERSEGI PANJANG".equals(this.btnHitung.getText())){ //MENCARI KELILING
        a = Integer.parseInt(txtA.getText());                          //PERSEGI PANJANG
        b = Integer.parseInt(txtB.getText());
        c = 2 * a + b ;
        txtHasil.setText("KELILING PERSEGI PANJANG =" + c  );
        btnPanjang.setText( space + a);
        btnLebar.setText(space + b);
        }
        else if("HITUNG LUAS PERSEGI".equals(this.btnHitung.getText())){ //MENCARI LUAS
        a = Integer.parseInt(txtA.getText());                          //PERSEGI
        b = Integer.parseInt(txtB.getText());
        c = a + b ;
        txtHasil.setText("LUAS PERSEGI =" + c  );
        btnPanjang.setText( space + a);
        btnLebar.setText(space + b);
        }
        else if("HITUNG KELILING PERSEGI".equals(this.btnHitung.getText())){ //MENCARI KELILING
        a = Integer.parseInt(txtA.getText());                          //PERSEGI
        b = Integer.parseInt(txtB.getText());
        c = 2 * a + b ;
        btnPanjang.setText( space + a);
        btnLebar.setText(space + b);
        txtHasil.setText("KELILING PERSEGI =" + c  );
        }

PENJELASAN : Fungsi IFseperti dalam bahasa Indonesia adalah jika dan jika fungsi if di panggil maka yang berjlan adalah ini perintah di dalam ini { ..... }, Fungsi ELSE adalah kecuali atau seperti jika hitung luas persegi = false(salah) maka yang di pangil adalah IF ELSE selanjutny sampai ditemukan yang benar(true) maka perintah yang ada di dalam IF ELSE yang akan di jalankan, equal berarti sama yaitu HITUNG KELILING PERSEGI = isi dari btnHitung, getText berfungsi untuk mengambil isi dari btnHitung agar terbaca oleh komputer, setText berfungsi untuk menampilkan/mengeluarkan text dari rumus dan akan tercetak di textfield yang dipilih


3. MEMBAT TOMBOL UNTUK MEMILIH MENGHITUNG
       sorce kode ini digunakan untuk pemilihan apakah akan memilih persegi atau persegi panjang apakah menghitung luas atau keliling
         if("LUAS PERSEGI PANJANG".equals(this.btnPersegi.getText())){
            this.btnHitung.setText("HITUNG LUAS PERSEGI PANJANG");
            this.btnPersegi.setText("KELILING PERSEGI PANJANG");
        }
            else if("KELILING PERSEGI PANJANG".equals(this.btnPersegi.getText())){
            this.btnHitung.setText("HITUNG KELILING PERSEGI PANJANG");
            this.btnPersegi.setText("LUAS PERSEGI");          
            }
            else if("LUAS PERSEGI".equals(this.btnPersegi.getText())){
            this.btnHitung.setText("HITUNG LUAS PERSEGI");
            this.btnPersegi.setText("KELILING PERSEGI");          
            }
            else if("KELILING PERSEGI".equals(this.btnPersegi.getText())){
            this.btnHitung.setText("HITUNG KELILING PERSEGI");
            this.lblImage.setAlignmentX(100);
            this.btnPersegi.setText("LUAS PERSEGI PANJANG");          
            }

4. MEMBUAT TOMBOL REFRES
      btnRefres di gunakan untuk menggulang kembali program dari awal atau mengosongkan aplikasi yang sudah di buat dari input input angka yang telah di masukkan

    sorce kodenya :

        txtA.setText(space);
        txtB.setText(space);
        txtHasil.setText(space);

digunakan pemanggilan fungsi string space atau bisa juga di isi seperti ini ("   ")

setelah selesai run program dan hasilya tepat di tengah tengah program seperti ini
tutorial selanjutnya cara untuk membuat frame tepat di tengah layar

DOWNLOAD
UNTUK SOURCE KODENYA DISINI ATAU SINI

0 comments:

Post a Comment