Wednesday, 4 June 2014

Tutorial Membuat Aplikasi Penghitung segi tiga siku siku (rumus pitagoras) Menggunakan Netbeans

Membuat Aplikasi ini sesungguhnya cukup simple asal tau rumus phythagoras untuk programnya aja haha

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PENGHITUNG PHYTAGORAS

1. MEMBUAT TAMPILAN AWAL
      Tampilan awal sesuai keinginan lah yang penting butonny sama :p

2. KETIKKAN KODE INI
          
        1. Reset

        txtA.setText("");
        txtB.setText("");
        txtC.setText("");
        btnA.setText("A");
        btnB.setText("B");
        btnC.setText("C");
        txtA.setEnabled(false);
        txtB.setEnabled(false);
        txtC.setEnabled(false);
        btnA.setEnabled(true);
        btnB.setEnabled(true);
        btnC.setEnabled(true);

Penjelasan : txtA adalah nama varible dari text fielny set text digunakan untuk ketika di klik maka text yang muncul dalam text fiel adalah yang ada di dalam ini (" ")  dan set text enable digunkan untuk mengaktifkan tombol atau text field agar tidak ter hiden

       2. Rumus Menghitung Phytagoras Di Netbeans



        if("Hitung A".equals(this.btnHitung.getText())){ 
        x = Integer.parseInt(txtB.getText());
        y = Integer.parseInt(txtC.getText());
        h = ((y*y)-(x*x));
        akar = (int) Math.sqrt(h);
        btnA.setText(str + akar);
        txtA.setText(str + akar);
        this.btnB.disable();
        this.btnC.disable();
        
        }
        else if("Hitung B".equals(this.btnHitung.getText())){
        x = Integer.parseInt(txtA.getText());
        y = Integer.parseInt(txtC.getText());
        h = ((y*y)-(x*x));
        akar = (int) Math.sqrt(h);
        btnB.setText(str + akar);
        txtB.setText(str + akar);
        this.btnA.disable();
        this.btnC.disable();
    }
        else if("Hitung C".equals(this.btnHitung.getText())){
        x = Integer.parseInt(txtA.getText());
        y = Integer.parseInt(txtB.getText());
        h = ((x*x)+ (y*y));
        akar = (int) Math.sqrt(h);
        btnC.setText(str + akar);
        txtC.setText(str + akar);
        this.btnB.disable();
        this.btnC.disable();
        }

Penjelasan : Else if digunakan untuk membuat dua atau lebih perintah dan yang benar yang akan di pilih lebih lengkapnya klick ini,  interger parse int digunakan untuk fariable yang di tuliskan mengambil isi dari text field A (txtA), fungsi get text untuk perantara mengambil isi dari text field tersebut,unutk menghitung akar tutoialnya di sini (x*x)+ (y*y)) digunakan untuk menjumlahkan 2 perkalian agar penghitunganya tepat, set text digunkan untuk mengubah text yang ada di text fiel menjadi yang di keluarkan oleh rumus dan disable digunkan untuk menon aktifkan (mematikan) buton agar tidak bisa di click
         
        3. Button Sisi A


  if("A".equals(this.btnA.getText())){
            this.btnHitung.setText("Hitung A");
            this.txtB.setEnabled(true);
            this.txtC.setEnabled(true);
            
            this.txtA.disable();
            
            
            this.btnB.setEnabled(false);
            this.btnC.setEnabled(false);
            
            this.txtB.setText("");
            this.txtC.setText("");
            
            this.btnA.setText("?");
            this.btnB.setText("B");
            this.btnC.setText("C");    
        
            
        }

        4. Button B

if("B".equals(this.btnB.getText())){
            this.btnHitung.setText("Hitung B");
            this.txtA.setEnabled(true);
            this.txtC.setEnabled(true);
            
            this.btnA.setEnabled(false);
            this.btnC.setEnabled(false);
            
            
            this.txtB.disable();
            
            
            this.txtA.setText("");
            this.txtC.setText("");
            
            this.btnB.setText("?");
            this.btnA.setText("A");
            this.btnC.setText("C");
        }

       5. Button C



        if("C".equals(this.btnC.getText())){
            this.btnHitung.setText("Hitung C");
            this.txtA.setEnabled(true);
            this.txtB.setEnabled(true);
            
            this.btnA.setEnabled(false);
            this.btnB.setEnabled(false);
           
            this.txtC.disable();
            
            this.txtA.setText("");
            this.txtB.setText("");
            
            this.btnC.setText("?");
            this.btnB.setText("A");
            this.btnC.setText("C");
        }


LANGUNG SAJA RUN PROGRAM  wus wus wus ..,,.,.,,,..,

ALUR PROGRAMNYA ADALAH 
1. Pilih sisi yang akan di hitung
2. Sisi lain akan terHiden
3. Ketika btnHitung di klik maka sisi sisi akan menampilkan angka


jika masi bingung langsung sedot aja DISINI atau DISINI


0 comments:

Post a Comment